Minggu, 08 April 2012

Ribuan Umat Hadiri Perayaan Pekan Suci di Wehea

Paskah di Wehea
Pekan Suci bagi umat Katholik diseluruh dunia merupakan pekan yang sangat ditunggu. Sebuah perayaan sebagai peringatan akan wafat dan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus menjadi dasar dari perayaan itu sendiri, termasuk berbagai persiapan untuk menyambut pekan suci tersebut.
Hal tersebut juga terjadi di Paroki Santa Maria Ratu Damai Nehas Liah Bing, yang terletak di wilayah Wehea, Kalimantan Timur.
Sejak menjelang Minggu Palma, pihak panitia perayaan dengan dibantu oleh umat dari beberapa stasi telah melakukan beragam persiapan, mulai dari penyiapan daun palma, tempat perarakannya, areal parkir, penambahan tenda, serta dekorasi gereja.
Misa perarakan pada minggu palma dimulai dari Lapangan Pemuda Nehas Liah Bing, yang berjarak sekitar 150 meter dari Gereja. Ribuan umat dari berbagai stasi larut dan khusyuk dalam perayaan tersebut. Sebuah peringatan akan masuknya Yesus ke Kota Yerusalem, menjadi perlambang datangnya tri hari suci bagi umat Katholik.
Sementara itu, pada perayaan Misa Kudus memperingati malam perjamuan akhir pada Kamis Putih, ribuan umat tetap memadati Gereja St. Maria Ratu Damai Nehas Liah Bing. Umat yang datang dari berbagai stasi juga memenuhi beberapa rumah penduduk dan tidak kembali ke stasi mereka karena letaknya yang cukup jauh dan pasca Kamis Putih, perayaan dilanjutkan pada hari jumat, dengan melakukan jalan salib bersama, yang diawali dari Gereja Santa Maria Ratu Damai ke puncak bukit di bagian hulu kampung Nehas Liah Bing.
Pagi yang cerah dan berubah terik di siang harinya tidak menyurutkan langkah bagi ratusan umat yang mengikuti ibadah jalan salib tersebut.
Tepat pada pukul 3 sore, Misa Jumat Agung pun dimulai. Gereja yang hanya mampu menampung beberapa ratus umat, seakan tidak mampu menampung ribuan umat yang memenuhi Gereja hingga ke jalan raya serta halaman SDN 002 Nehas Liah Bing.
Diperkirakan, lebih dari 3.000 ribu lebih umat dari 18 stasi bersatu dalam doa khusuk memperingati wafatnya Yesus Kristus sang penebus dunia dan Misa Jumat Agung tetap berjalan tertib.
Haleluyah, Kristus telah bangkit. Tepat pukul 6 sore pada hari Sabtu (7/4/12), umat kembali memadati Gereja Santa Maria Ratu Damai Nehas Liah Bing, untuk mengikuti ibadah meriah menyambut Kebangkitan Kristus dan kemudian berlanjut pada Minggu (8/4/12).
Dengan segala keterbatasan, terutama kapasitas gereja yang sangat kecil, serta jarak yang cukup jauh, terutama untuk beberapa stasi seperti stasi Batu Ampar (150 km), stasi Sungai Elang (80 km), stasi Miau Baru (30 km) dan Long Segar (50 km), serta stasi Astra (35 km) ternyata tidak menyurutkan langkah mereka untuk bergabung bersama umat yang berada di sekitar paroki, untuk memperingati pekan suci di Gereja Santa Maria Ratu Damai Nehas Liah Bing.
Syukur kepada Tuhan atas segala penyertaan-Nya, sehingga semua prosesi ibadat selama Pekan Suci dapat berjalan lancar, dan juga terima kasih kepada seluruh panitia serta semua pihak yang telah membantu kelancaran ibadat selama pekan suci 2012....
Selamat Pesta Paskah, semoga Rahmat dan Kebangkitan Yesus menjadi kekuatan bagi kita semua untuk mewartakan Kasih-Nya bagi sesama dan dunia....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar