Jumat, 09 Januari 2015

Ribuan Umat Hadiri Misa Malam Natal 2014

Meriah, Malam Natal di Paroki St. Maria Ratu Damai Nehas Liah Bing

Kabar Paroki (08/01/15)


Tepat pukul 19.30, Misa Malam Natal di Gereja St. Maria Ratu Damai Nehas Liah Bing, Kecamatan Muara Wehea, Kutai Timur, Kaltim dimulai. Misa Malam Natal tersebut dipimpin langsung oleh Pater Adipati Manek, SVD, Plt. Pastor Paroki St. Maria Ratu Damai.

Selamat Natal 2014
Sebelumnya direncanakan perayaan Misa Malam Natal diikuti oleh 2 orang pastor lainnya yang sedang melakukan assistensi selama Hari Raya Natal 2014 tetapi dibatalkan dan kedua pastor tersebut, yaitu Pater Adrian Moat, SVD dan Pater Romy Clemensius Radja, SVD, melaksanakan turney ke stasi-stasi terjauh untuk melaksanakan Misa Malam Natal diantaranya di Stasi Long Segar dan Stasi Long Melah. 
Suasana Misa Malam Natal 2014

Ribuan umat hadiri Perayaan Malam Natal

para anggota koor dari kelompok ibu-ibu
Beragam persiapan yang telah dilaksanakan oleh Panitia Natal 2014 akhirnya mencapai puncaknya jelang perayaan Misa Malam Natal di Gereja St. Maria Ratu Damai. Sejak sore hari, umat mulai berdatangan dari berbagai stasi termasuk stasi yang berada di wilayah perbatasan Kabupaten Kutai Timur dan Berau.
tarian perarakan dari anak-anak dayak wehea
Jelang dimulainya perayaan, Gereja paroki yang berkapasitas 2000-an orang telah penuh sesak termasuk diatas balkon, sedangkan pada bagian halaman gereja walaupun telah disediakan tenda berukuran besar ternyata tetap tidak dapat menampung jumlah umat.
persembahan kanak-kanak Yesus
Maximilianus Adifan, Ketua Panitia Natal 2014 mengungkapkan bahwa Natal kali ini sungguh berbeda dengan perayaan Natal tahun sebelumnya, panitia sampai kewalahan mengatur jumlah umat yang meluber baik pada halaman depan gereja hingga ke areal parkir pada bagian kiri dan kanan gereja. Kita tidak menyangka bahwa umat yang hadir akan sebanyak ini, tambah Maxi.
suasana Misa Malam Natal
Jika pada perayaan Misa Malam Natal tahun 2013 lalu jumlah umat yang hadir diperkirakan mencapai 5000-an orang, tahun ini bahkan lebih dari itu. 
Umat tetap antusias walau tidak mendapatkan tempat duduk
Mungkin sekitar 7000-an umat yang datang dari berbagai stasi terdekat juga dari berbagai perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berada di Kecamatan Muara Wehea, Kung Beang, Telen hingga dari Kecamatan Kelay di Kabupaten Berau. Benar-benar luar biasa antusiasme umat untuk menghadiri Perayaan Natal kali ini.

Misa Malam Natal Berlangsung Aman
suasana Misa Malam Natal 2014
Kehadiran ribuan umat yang memenuhi gereja paroki pada Misa Malam Natal 2014 ini tidak mengurangi kekhusukan ibadah. Pater Adpati Manek, SVD, dalam homilinya mengajak seluruh umat untuk benar-benar menghayati Pesan Natal kali ini "Berjumpa dengan Allah dalam keluarga" dan untuk itu kepada seluruh umat diharapkan untuk melahirkan benih-benih cinta kasih dalam keluarga sekaligus menjadi pewarta bagi keluarga dan masyarakat.

Berjumpa dengan Allah dalam keluarga
Seperti pada berbagai tempat lainnya di Indonesia, perayaan Misa Malam Natal 2014 di Paroki St. Maria Ratu Damai Nehas Liah Bing berlangsung aman dan lancar. Tidak ada gangguan apapun yang terjadi. Untuk memastikan bahwa ibadah Natal 2014 berlangsung aman, Kapolsek Muara Wehea, Bapak Sutopo, bahkan turun langsung bersama anggota polsek setempat, demikian ujar Djohanes Joko Pramono, Sekretaris Panitia Natal 2014. 
para anggota koor
Selain itu, juga terlihat beberapa anggota dari Koramil Muara Wehea yang juga terlibat bersama untuk memastikan bahwa semua kegiatan ibadah berlangsung aman dan lancar, untuk itu Plt. Pastor Paroki bersama seluruh panitia Natal 2014 mengucapkan terima kasih yang tulus kepada segenap anggota keamanan yang telah turut terlibat untuk menjaga keamanan dan ketertiban.
suasana saat Komuni dalam Misa Malam Natal 2014
Pasca perayaan Misa Malam Natal 2014, Pater Adipati Manek, SVD, menuturkan bahwa kehadiran ribuan umat yang memadati gereja serta tempat-tempat yang telah disediakan oleh panitia diluar gereja selain menunjukan antusiasme umat juga merupakan sebuah bentuk kerinduan umat untuk terlibat langsung secara rohani untuk menyambut datangnya Yesus Kristus Sang Juruselamat Dunia.
para anggota koor malam Natal 2014
Setelah berkat pengutusan, Pater Adipati Manek, SVD, atas nama Gereja Katolik St. Maria Ratu Damai Nehas Liah Bing menyampaikan Selama Natal 2014, semoga kedatangan Sang Juruselamat membawa terang dalam hati kita semua.... (cwd).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar