Senin, 08 Agustus 2011

Paroki St. Maria Ratu Damai Nehas Liah Bing - Sebuah Catatan Kecil

Paroki St. Maria Ratu Damai, adalah sebuah paroki pedalaman yang  berada dalam wilayah Keuskupan Agung Samarinda - Kalimantan Timur.

Sebelumnya, pusat paroki berada di wilayah Desa Long Segar, Kecamatan Telen, tetapi mengingat perkembangan umat serta upaya untuk mendekatkan diri terhadap aksesibilitas, kemudian diputuskan untuk dilakukan pemindahan pusat paroki ke Desa Nehas Liah Bing, Kecamatan Muara Wahau, Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Wilayah pelayanan Paroki St. Maria Ratu Damai  Nehas Liah Bing cukup luas dan meliputi wilayah Kecamatan Batu Ampar, Telen, Muara Wahau dan Kung Beang, serta juga terkadang melakukan pelayanan hingga ke wilayah Merapun dan Sungai Elang di Kecamatan Kelay, Kebupaten Berau, Kalimantan Timur.  

Sebaran umat tersebut meliputi 15 stasi yang tersebar pada 4 kecamatan tersebut diatas, dan untuk pelayanan pastoral, didukung oleh seorang Pastor Paroki serta pada tahun 2011, mendapatkan satu orang Frater yang menjalani masa Tahun Orientasi Pastoral (TOP) di paroki tersebut yang berasal dari STFK Malang, Jawa Timur. 

Pada saat ini, sedang direncanakan pembangunan Gereja baru yang representatif mengingat perkembangan umat yang semakin banyak, sehingga perlu dibangun sebuah gereja baru dilokasi terpisah dari gereja yang ada saat ini.

Kami berharap, kiranya dengan dukungan umat serta para pihak lainnya, rencana tersebut dapat segera terwujud, dan semoga dimasa depan, Paroki St. Maria Ratu Damai Nehas Liah Bing dapat menjadi salah satu corong untuk selalu menyerukan pesan-pesan perdamaian dan kasih bagi umat manusia...............

Salam dalam nama Yesus..........

1 komentar: