Senin, 18 Agustus 2014

Pembangunan Kantor Paroki Santa Maria Ratu Damai Akhirnya Dimulai

Kabar Paroki

Wehea (19/08/14)


Setelah mengalami penundaan pada tahun 2013 karena ketiadaan dana, akhirnya Pembangunan Kantor Paroki Santa Maria pun dimulai. Proses pembangunan tersebut diawali dengan penggalian fondasi bangunan dengan ukuran (8 x 10) meter sehingga total luasan bangunan nanti seluas 80 m2.

Dengan menggunakan sebuah unit alat berat exavator milik PT. DSN Group yang kebetulan sedang melakukan pembuatan jalan lingkar gereja, pada tanggal 16 Agustus 2014 dilaksanakan penggalian fondasi. Pada proses penggalian fondasi kantor paroki juga dihadiri oleh beberapa orang umat serta Pastor Paroki (Lucius Tumanggor, SVD) dan Pastor Rekan (Pater Adi Manek, SVD) dan dipandu langsung oleh Bapak Chris Djoka, seorang relawan yang diminta untuk membantu proses tersebut.

Pasca penggalian fondasi, pada Minggu (17/08/14) beberapa orang umat dari Stasi Pusat Paroki, diantaranya Bapak Jong Ba, Ding Yel, Godefridus Gaya, Jono, Kelea Dea dan beberapa umat lainnya melakukan kegiatan gotong-royong untuk pembuatan tiang pancang dari kayu ulin.

Pada Senin (18/08/14), diawasi langsung oleh 2 orang tukang yang akan mengerjakan bangunan tersebut, proses pemancangan tiang ulin untuk fondasi pun  dimulai. Sebanyak 50 batang pancang ulin ditancapkan pada 25 titik untuk fondasi dengan bantuan excavator.

Menurut Pater Lucius Tumanggor, sesuai dengan amanat dalam Pleno DPP, maka kantor Paroki tersebut direncanakan akan dibangun 2 lantai dimana pada lantai dasar akan diperuntukan bagi kantor paroki, secretariat KOMKA serta 2 kamar tidur tambahan untuk koster dan tamu paroki, sedangkan pada lantai 2 akan dikhususkan sebagai ruang pertemuan dengan daya tamping sekitar 50-an orang.

Kita akan membangunnya secara bertahap karena kondisi pendanaan yang terbatas, jadi untuk tahap awal ini kita hanya akan membangun lantai dasarnya terlebih dahulu, tetapi kedepannya jika memungkinkan maka kita akan melanjutkan untuk lantai atasnya, lanjut Pater Lucius Tumanggor, SVD.

Keberadaan kantor paroki serta ruang pertemuan paroki merupakan sebuah kebutuhan yang cukup mendesak karena selama ini untuk kegiatan administrasi dan surat menyurat di paroki kita masih satukan dengan pastoran paroki termasuk untuk pertemuan-pertemuan penting yang terpaksa kita lakukan didalam gereja, ujar Siang Geah, Sekretaris DPP Santa Maria yang pada tanggal 14 Agustus 2014 lalu baru saja dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur.


Menurut Chris Djoka, pelaksanaan pembangunan kantor Paroki tersebut direncanakan akan diselesaikan dalam 4 bulan, dan sesuai dengan rencana kita harapkan sebelum Hari Raya Natal 2014 ini sudah selesai dan telah dapat kita gunakan untuk mendukung aktifitas pelayanan di paroki. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar