Rabu, 26 Oktober 2011

Komunitas Sanctisima Trinitas Nehas Liah Bing ikuti Pelatihan Komputer



Nehas, Rabu (26/10/11)

Chris Djoka, trainer dari TNC Kaltim
Pelatihan tersebut bertujuan untuk semakin memperdalam kemampuan komputer para Suster SSpS di Komunitas Sanctissima Trinitas Nehas Liah Bing dalam rangka mendukung beberapa program dan kegiatan mereka.
Suster Hermine, SSpS disela-sela pelatihan menyampaikan bahwa mereka sangat membutuhkan pelatihan seperti ini, untuk mengembangkan dan memperdalam kemampuan di bidang komputer. Kami sangat perlu dalam mendukung tugas-tugas kami, ujar Sr. Hermine, SSpS yang juga menjadi pengajar di SMKN 1 Muara Wahau dan SMK Islam HM Kung Beang.
Pelatihan tersebut terlaksana atas kerjasama dengan The Nature Conservancy (TNC) sebuah lembaga nirlaba yang berpusat di Amerika Serikat dan bergerak dalam kegiatan konservasi dan pelestarian lingkungan. Sejak tahun 2005, TNC bekerja di Nehas Liah Bing dan Hutan Lindung Wehea. Sebelumnya dalam sebuah diskusi kecil, Suster Hermine, SSpS menyampaikan permohonan bahwa mereka ingin memperdalam kemampuan komputer, dan hal tersebut langsung ditanggapi oleh pendamping TNC, sehingga disepakati untuk dapat dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.
Chris Djoka, pendamping dari The Nature Conservancy yang menjadi trainer dalam pelatihan tersebut menyatakan rasa bangga yang luar biasa karena The Nature Conservancy dapat membantu para suster untuk mengembangkan dan memperdalam kemampuan komputer mereka.
Sr. Louis (kiri) & Sr. Hermin
Ditambahkan Chris, bahwa para suster juga perlu untuk mulai belajar mengenal teknologi informatika, agar pengiriman laporan atau berita-berita tentang aktifitas dapat dilakukan melalui email. Dan ini adalah bentuk tanggung jawab moral kami dalam rangka membantu upaya penguatan kapasitas kepada masyarakat di Nehas Liah Bing, termasuk pada suster di Komunitas Nehas Liah Bing dan keberadaan Pusat Pelatihan Komputer Komunitas Wehea tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua pihak yang ingin belajar bersama.
Sementara itu, Sr. Louis Maria, SSpS, walaupun telah cukup umur (62 tahun) tetapi sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Sejak dulu saya ingin memperdalam ilmu komputer, tetapi karena kesibukan, baru dapat terlaksana hari ini, ujar Suster Louis, SSpS.
Diharapkan pelatihan tersebut dapat dilaksanakan secara berkala, terutama pada saat pendamping dari TNC berada di lapangan, tidak hanya kepada para suster, tetapi juga kepada stake holders lain yang membutuhkan. Prinsipnya kita selalu siap membantu selama ada waktu atau di sela-sela kegiatan pokok kita, ujar Chris sebelum menutup kegiatan pelatihan pada hari pertama…………
Semoga Tuhan Memberkati……

1 komentar:

  1. Puji Tuhan, semoga apa yang diperoleh bisa memberikan manfaat bagi para suster.....terima kasih juga untuk trainer yang telah membantu, semoga Tuhan Memberkati...

    BalasHapus