Senin, 24 Oktober 2011

Provinsial SVD Lakukan Penanaman Pohon


Dalam mendukung gerakan bumi hijau, dan sekaligus mendukung Program Green Kaltim, para Pastor dari ordo SVD bersama dengan Provinsial SVD Jawa yang berkunjung ke Paroki St. Maria Ratu Damai dan Paroki Long Bentuk serta beberapa paroki lainnya melakukan penanaman pohon tanaman kehutanan.
Pater Thomas Sudarmoko, SVD, menyampaikan bahwa Gereja Katholik sangat respect pada upaya-upaya pelestarian lingkungan yang telah dilakukan oleh para pihak di berbagai belahan bumi. Oleh karena itu, bersamaan dengan kunjungan Provinsial SVD Jawa ke beberapa Paroki dibawah Misi SVD di Kalimantan mengagendakan program penanaman pohon pada semua paroki yang dikunjungi.
Sebagai contoh nyata, saat ini, Gereja Katholik khususnya di Paroki St. Maria Ratu Damai Nehas Liah Bing juga turut melakukan perlindungan kawasan hutan yang terletak di wilayah Gua Maria Pengantara Segala Rahmat Kung Beang. Kita harapkan, hutan disana tetap terjaga, sehingga dapat menjadi sebuah tempat ideal bagi seluruh umat, atau siapapun yang ingin berkunjung ke Gua Maria tersebut.
Sumber bibit kehutanan dalam kegiatan penanaman tersebut diperoleh dari sumbangan Kelompok Letap Hiq di Desa Nehas Liah Bing, yang sedang mengembangkan Kebun Bibit Rakyat (KBR) bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Kutai Timur.
Tidak lupa, disampaikan Pater Thomas, SVD, bahwa gereja juga mendorong umat untuk melakukan upaya penghijauan pada lahan-lahan kritis, terutama yang dekat dekat sumber mata air dan lain-lain.
Sebagai contoh bahwa, di Desa Long Bentuk, paroki setempat bersama dengan Pemerintah Desa yang didampingi oleh beberapa lembaga swadaya masyarakat, terus berjuang untuk mendorong keberadaan hutan desa disana, karena terdapat beberapa sumber mata air penting yang harus dan wajib diselamatkan, ukat Pter Thomas, SVD.
Bumi yang semakin tua, tentunya membutuhkan bantuan kita sebagai umat beriman, untuk secara bersama-sama menjaganya dan mencoba dengan berbagai upaya untuk memeliharanya. Kiranya gerakan kecil ini hendaknya dapat menjadi sebuah gerakan moral bersama sebagai upaya langsung dari kita semua untuk upaya-upaya melestarikan lingkungan.
Semoga Tuhan Memberkati…………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar